Wednesday, May 16, 2012

pengertian, fungsi, dan tujuan statistik

statistik adalah pengetahuan yang berhubungan dengan cara cara pengumpulan data, pengorganisasian , pendistribusian, pengolahan, penganalisa data dan fakta serta pengambilan keputusan atau kesimpulan yang sahih berdasarkan data atau fakta yang dianalisis.

fungsi statistik : 

1. deskriptif 
yaitu statistik yang berfungsi untuk memahami, mendiskripsikan, menerangkan data, peristiwa, yang dikumpulkan dalam suatu penelitian, penyelidikan, dan tidak sampai pada generalisasi atau pengambilan kesimpulan mengenai populasi yang diselidiki.

2. inferensial
yaitu statistik yang berfungsi untuk meramalkan dan mengontrol mengenai keseluruhan atau populasi berdasarkan data atau gejala dan peristiwa yang ada dalam suatu penelitian, karena itu bagian ini dimulai dengan adanya ekstimasi, hipotesis.

tujuan statistik :
  1. mendeskripsikan, menerangkan data mengenai populasi yang diselidiki
  2. mengurangi jumlah populasi yang luas kepada ukuran yang lebih pantas untuk dipahami
  3. menetapkan pada kondisi bagaimana suatu hipotesis dapat digunakan atau membantu dalam melakukan sesuatu
  4. menyediakan suatu ekstimasi atau model mengenai nilai nilai yang tidak diketahui berdasarkan data yang ada di tangan ( diselidiki )
  5. menyediakan suatu ekstimasi mengenai suatu akibat dari suatu hipotesis yang diterima yang digunakan sebagai dasar dalam membuat suatu keputusan yang akan di jalankan
MATERI SELENGKAPNYA DOWNLOAD
DISINI



sumber : materi kuliah bersama reynaldi S.psi M.sc

0 comments:

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda demi perbaikan blog ini!!!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Sandri Andeski - All Rights Reserved