Wednesday, May 16, 2012

individual psikologi alfred adler

individual sikologi adalah satu sistem psikologi yng didirikan oleh alfred adler dengan tujuan memahami , mencegah,  dan mengobati penyakit - penyakit mental. sebagai seorang temam sejawat Freud, adler kemudian merasa tidak puas terhadap penekanan terdahulu pada seksualitas dalam perkembangan kepribadian dan penonjolan gejala neurosa, dia lalu menekankan kelemahan dan ketidak berdayaan anak - anak usia muda yang membawan pada perasaan - perasaan inferior ( minder, rendah diri ) pada kasus kasus yang parah bahkan menjurus jadi kompleks inferioritas.
perasaan inferior akan ditunjukkan secara kuat apabila anak yang bersangkutan benar - benar memiliki baik inferior organis maupun inferior bayangan ( semu ). bila ia termasuk dalam jenis kelamin perempuan, atau menjadi anggota suatu kelompok minoritas. perasaan inferior yang diberi penekanan sedemikian itu akan menuntun anak pada kegiatan kompensatoris dan satu gaya hidup dengan ciri usaha - usaha aktif untuk mengatasi situasi minus dan inferioritasnya, dengan jalan mencapai situasi plus dan superioritas. maka tingkah laku kompensatoris itu condong menuntun orang kearah kompensasi lebih dengan usaha - usaha untuk mendominasi orang lain, membangkitkan rasa permusuhan terhadap saingan - saingannya, dan mengembangkan sikap - sikap asosial dan anti sosial, seperti ciri ciri yang dimiliki oleh penjahat, kriminal, atau individu yang suka mengasingkan diri.
individu yang menderita sebagai akibat dari perasaan inferior yang berlebihan, juga akan didorong oleh satu pikiran mengenai nilai diri yang dibesar - besarkan, yang mengambil bentuk khayalan pembimbing yang tidak masuk akal dan tak layak yang melandasi segenap usahanya, dan yang mendominasi gaya hidupnya. maka, kesenjangan besar diantara realitas kehidupan individu dengan khayalan terbimbing yang diidealisasinya, justru menyebabkan timbulnya banyak kecemasan, usaha - usaha lebih keras lagi, dan kompensasi yang lebih parah. dengan demikian akan menimbulkan satu lingkaran setan yang tidak berujung pangkal.
adler memberikan penekanan besar sekali kepada konstelasi keluarga sebagai faktor utama didalam perkembangan gaya hidup seseorang. anak yang paling tua mudah sekali mengembangkan perasaan inferior, terutama bila ada anak lain yang muncul  yang dapat menurunkan dirinya dari tahta yang tinggi. karena itu, ibu yang menduduki posisi kritis sebagai kontak sosial yang pertama kali dan yang terutama sekali sepanjang pengalaman anak tersebut, agar janagn serampangan atau bahkan secara sadar menolak anak sulung tersebut, lalu lebih menyayangi anak yang lebih muda. sama pentingnya, ibu tersebut harus menghindari pemanjaan terhadap anak, sebab dengan cara pemanjaan anak tidak sanggup menegmbangkan diri secara bebas dan tidak memiliki semangat percaya diri.
dalam usaha penyembuhan pasiennya, upaya adler pertama kali ialah mencari dan menentukan gaya hidup pasien, menentukan sebab - sebab kesesatannya, dan menemukan dimana gerangan pasien tersebut mulai mendominasi orang - orang lain, sebaliknya tidak mau megatasi perasaan inferior sendiri dengan cara yang konstruktif secara sosial. hal yang sungguh - sungguh teramat penting dalam penentuan diagnosis adalah ingatan anak yang paling awal, yang menunjukkan upaya anak yang pertama sekali dalam pemecahan masalah. adler juga mau menerima analisis mimpi, namun tidak seperti Freud, ia tidak memberikan penekanan pada sifat - sifat seksual dari impian tersebut. sebaliknya, dia menafsirkan impian sebagai bentuk atau kejadian lain yang berbeda dari usaha individu dalam memecahkan masalahnya. adler berusaha keras menolong pasien untuk merealisasi gaya hidupnya yang salah, lalu bersedia menyesuaikan diri dengan cara yang sehat dan memuaskan secara sosial didalam perkawinan, pekerjaan, profesi, dan aspek sosial lainnya dari kehidupan.
sistem adler tentang psikologi individual menjadi populer pada tahun - tahun pendiriannya, dan adler bisa menarik sejumlah pengikut yang bersedia membantu dirinya untuk mendirikan pusat - pusat lembaga  bagi praktik psikologi individual. tetapi meninggalnya adler membuat sistemnya mengalami kemunduran, dan ada dibawah bayang - bayang psikoanalisis freudian . namun konsep - konsep adler tentang kepribadian, sebab - sebab neurosa, dan teori terapeuitis serta praktik - praktik terapeutisnya, pada tahun tahun belakangan ini telah mengalami kelahiran ulang, sekaligus juga memberikan sumbangan  kekayaan mengenai subjek - subjek psikologi individual di dalam kepustakaan dengan frekuensi yang lebih tinggi.

2 comments:

er rizqie said...

Mampir ke blog saya ya, seputar psikologi jg :D
http://indonesiapsikologi.blogspot.com

sandri kinali said...

terima kasih sudah berkunjung

Post a Comment

silahkan tinggalkan komentar anda demi perbaikan blog ini!!!

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. Sandri Andeski - All Rights Reserved